Kegiatan Harian yang Baik Untuk Kesehatan Jantung Tetapi Jarang Disadari

0
63

Melakukan gaya hidup aktif menjadi bagian penting untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Di dalamnya tidak hanya jantung, tetapi juga mengenai aliran darah dan menstabilkan kadar kolestrol.

Ada sangat banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya aktivitas fisik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penelitian yang dimuat dalam the European Journal of Preventative Cardiology.

Hasil penelitian tersebut mencari hubungan antara gaya hidup yang tentu saja termasuk aktivitas fisik dengan potensi terkena serangan jantung. Hasilnya, mereka yang menjalani gaya hidup aktif akan mengalami penurunan risiko kematian mendadak antara 33-45% dibanding mereka yang menjalani gaya hidup pasif.

Sayangnya, banyak orang yang beranggapan jika gaya hidup aktif hanya mengenai kegiatan olahraga rutin seperti lari, bersepada atau berenang.  Seperti diketahui berdasarkan rekomendasi American Heart Association dipublikasikan dalam Pubmed.gov  setidaknya orang dewasa yang berusia 18-65 tahun membutuhkan latihan aerobik intensitas sedang selama 30 menit selama lima hari dalam seminggu atau setidaknya aerobik intensitas berat selama 20 menit 3 kali dalam seminggu.

Lalu apakah kita harus berolahraga secara rutin seperti ke gym untuk memenuhi kebutuhakn aktivitas ini? Walau tentu saja berolahraga rutin seperti itu baik, tetapi ada sejumlah aktivitas harian yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gerak tersebut.

Berjalan Cepat

Berjalan cepat dengan kecepatan 3-4 mil per jam. Jennifer Soo Hoo seorang asisten profesor di Weill Cornell Medicine dilansir dari Huffpost menyebutkan bahwa kecepatan tersebut bisa membuat latihan kardiovascular intensitas sedang.

Kegiatan ini juga baik karena risiko cederanya cukup rendah. Bagian yang perlu diperhatikan adalah saat berjalan cepat, pastikan untuk tetap menjaga ritme jantung. Salah satu cara termudahnya adalah kita masih dapat bercakap-cakap dengan mudah tanpa membuat nafas lebih cepat.

Lakukan Pekerjaan Rumah

Banyak kegiatan rumah yang bisa digunakan sebagai sarana latihan kardio intensitas sedang. Misalnya mencuci mobil, memotong rumput, mengepel, berkebun hingga membersihkan bak mandi. Mengerjakan pekerjaan rumah seperti sekali mendayung tetapi mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Menggunakan Angkutan Umum

Menggunakan angkutan umum saat berpergian juga menjadi salah satu alternatif. Jika menggunakan angkutan umum maka akan ada aktifitas berjalan untuk berpindah dari satu angkutan umum ke sarana transportasi lain. Jika memungkinkan berjalan dan bersepada tentu menjadi pilihan transportasi yang lebih baik.

Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Aktivitas harian yang menyenangkan seperti menari sambil membutar lagu favorit bisa menjadi pilihan. Jadikan latihan bukan seperti hukuman yang harus dijalani. Kreatiflah menemukan aktivitas harian yang menyenangkan yang bisa memotivasi tubuh untuk bergerak secara teratur.

Tentu saja sangat penting untuk tetap menjaga stres dan juga pola makan. Memerikasakan diri ke dokter juga sebaiknya dilakukan. Direkomendasikan bahkan jika kesehatan kardiovaskular baik, untuk tetap memeriksakan diri secara teratur setidaknya sekali setahun. Dan tentu saja bagi yang memiliki gejala penyakit jantung penting untuk memeriksakan diri lebih cepat.

Di tengah perkembangan digital saat ini menemukan rumah sakit atau dokter untuk memeriksakan kesehatan jantung bukan lagi hal yang sulit. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah menggunakan aplikasi HaloDoc misalnya.

Lewat aplikasi ini kita bisa menemukan berbagai rekomendasi rumah sakit dan dokter guna memeriksakan kesehatan jantung. Dengan menggunakan aplikasi, maka kunjungan ke rumah sakit bisa lebih mudah karena jadwal dan buat janji dengan dokter bisa dilakukan cukup dari aplikasi HaloDoc.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here